Mulai Tren di Indonesia, Ini 6 Alasan Harus Coba Bisnis Laundry Koin

Moneysmart.id - Laundry koin mungkin belum jadi hal lumrah di Indonesia. Namun, beberapa waktu terakhir ini di kota-kota besar, bisnis tersebut udah mulai menggeliat di kota-kota besar. Pasalnya, laundry kiloan yang udah lebih dulu populer menghadirkan beberapa kekhawatiran.

Kekhawatiran gimana sih?

Buat kamu yang udah terbiasa laundry pakaian, pasti udah gak asing deh sama kejadian pakaian hilang atau tertukar, wanginya yang gak segar, dan sebagainya. Meski gitu, tetap aja kalau mau cuci pakaian sendiri rasa-rasanya lelah dan gak punya waktu pula.

Nah, laundry koin ini jadi salah satu solusi buat mereka yang mengalami berbagai masalah saat milih laundry biasa. Berkaca dari masalah tersebut, kamu yang pengin berbisnis bisa pilih usaha laundry koin ini sebagai salah satu sumber cuan yang menggiurkan, lho.

Gimana sih laundry koin itu? Jadi, si pelanggan bakal beli koin yang disediakan pihak laundry buat gunakan mesin cuci. Satu koin punya batasan waktu. Contoh, buat gunakan mesin cuci dengan kapasitas 10 kilogram dengan waktu 15 menit, pelanggan butuh beli satu koin. Sementara itu, buat gunakan mesin pengering butuh satu koin lagi.

Setelah memasukan pakaian ke mesin cuci, pelanggan tinggal menunggu. Sembari menunggu, mereka bisa lakukan aktivitas lain seperti misalnya membaca, mengobrol, atau menikmati cemilan, dan sebagainya.

Nah berikut enam alasan kenapa kamu harus coba buka bisnis laundry koin.

1. Solusi kekhawatiran orang

laundry koin
Laundry jadi solusi (pixabay)

Sebagaimana udah disebutkan di awal, cukup banyak orang yang khawatir soal pakaian hilang atau tertukar dan beberapa masalah lain yang berpotensi terjadi saat laundry kiloan.

Nah, kamu yang buka laundry koin tentu jadi solusi banget buat pangsa pasar ini. Sebab, mereka bisa jaga pakaian mereka sendiri tetapi juga gak repot buat cuci pakaian di rumah.

2. Perputaran uang lebih cepat

Perputaran uang pun lebih cepat karena pelanggan yang datang langsung bayar. Beda kalau di laundry kiloan. Pelanggan bakal ninggalin pakaiannya. Kalau ditinggalin gitu, ada kemungkinan pakaian gak diambil atau lama diambil.

Di laundry kiloan, terdapat rentang waktu antara pelanggan tinggalin cucian dengan nanti dia bayar setelah selesai. Nah, di laundry koin, pembayaran dilakukan di hari yang sama.

3. Butuh sedikit karyawan dibandingkan laundry kiloan

laundry koin di jakarta
Gak perlu banyak karyawan (pixabay)

Laundry koin pun butuh lebih sedikit karyawan dibandingkan laundry kiloan. Sebab, pelanggan melakukan pencucian sendiri menggunakan mesin cuci. Jadi, karyawan yang kamu gaji bertugas buat memandu, memantau, dan jadi kasir.

Contoh, buat laundry koin yang masih kecil, kamu bisa gaji satu operator dan dua karyawan buat layanan setrika.

4. Gak butuh pengalaman khusus buat karyawan

Buat kriteria karyawan pun kamu gak perlu SDM atau sumber daya manusia yang benar-benar ahli buat mencuci. Kamu cukup perlu mengajarkan cara mengoperasikan mesin cuci tersebut buat pandu pelanggan.

5. Lebih mudah dikelola

tarif laundry koin
Lebih mudah dikelola (pixabay)

Yang pasti, bisnis laundry kiloan jadi lebih mudah dikelola karena keunggulan-keunggulan yang udah disebutkan. Semua terasa lebih praktis.

Kamu gak perlu banyak karyawan buat menangani pakaian karena pencucian dilakukan sendiri oleh pelanggan. Pluscash-flow lebih cepat dan sulit buat dimanipulasi karena pencatatan dilakukan per hari.

6. Dapat pemasukan dari produk lain

Mungkin terlihat kecil, namun aktivitas menunggu yang harus dialami pelanggan tentu bisa jadi peluang buat kamu dapat pemasukan lain. Kamu bisa jualan produk makanan ringan atau minuman di outlet laundry koin kamu.

Lumayan kan nambah pemasukan?

Estimasi Modal dan Omzet

Minat buat buka bisnis laundry koin di Indonesia, berikut contoh proyeksi keuangannya.

Biar gampang, kamu sebenarnya bisa cari semacam mitra atau franchise yang udah sediakan paketan buat laundry koin. Jadi, kamu gak perlu direpotkan buat beli masing-masing alat di berbagai tempat.

Contoh di salah satu franchise ada yang tawarkan Rp 99 juta buat dapat 2 unit mesin cuci dan 2 unit pengering. Disebutkan di laman ini dengan mesin tersebut, kamu bisa dapat kapasitas sekitar 50 cucian dan 50 pengering dengan total 100 koin terjual.

Paket di atas itu juga udah termasuk setrika, deterjen, parfum, plastik packing, dan lainnya. Jadi ibaratnya kamu terima beres deh.

Jadi, modal pertama yang perlu kamu keluarkan adalah biaya beli mesin dan sewa tempat. Katakanlah sewa tempat Rp 25 juta per tahun buat ruko atau kios kecil di daerah strategis.

Modal awal: Rp 99 juta + Rp 25 juta = Rp 124 juta.

Biaya operasional bulanan

Biaya Listrik = Rp 750.000

Air = Rp 750.000

Chemical (Deterjen + Softener + Parfum) = Rp 1.800.000

Plastik = Rp 500.000

Karyawan (2 orang X Rp 3.000.000) = Rp 6.000.000

Keamanan (relatif) = Rp 150.000

Lain-lain = Rp 300.000

Total operasional per bulan = Rp. 10.250.000

Total operasional per tahun x 12 = Rp 123 juta

Proyeksi omzet

Misalkan aja dalam sehari mampu menjual 100 keping koin. Nah, per koin dihargai Rp 15 ribu. Dengan demikian, per hari kamu bisa dapat omzet Rp 1,5 juta.

  • Omzet per bulan = 1.500.000 x 30 = 45.000.000
  • Omzet per tahun = 45.000.000 x 12 = 540.000.000

Perkiraan profit di tahun pertama

Keuntungan per tahun = Penjualan – Pengeluaran (modal awal + operasional)

= Rp. 540.000.000 – Rp. 247.000.000

= Rp. 293.000.000

Rp 293 juta jika dibagi per bulan jadi Rp 24 juta per bulan. Itu baru tahun pertama yang dimana harus dipotong sama modal awal.

Nah, profit buat tahun kedua dan selanjutnya tentu jauh lebih besar yaitu:

Rp 540 juta – Rp 123 juta = Rp 417 juta

Dengan demikian, kamu dapat profit sampai Rp 34 juta per bulan. Menarik banget kan?

Minat buat coba bisnis laundry koin?